Detail Cantuman

Image of Membaca dan Menilai Sastra

Text

Membaca dan Menilai Sastra


1033137101809 TEE m C-1PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
1033138102809 TEE m C-2PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
Teori sastra telah berkembang dengan pesat pada paruh kedua abad ke-20 ini, sehingga teori-teori lama tidak dapat lagi diandalkan untuk membaca dan memahami karya sastra. Di Indonesia teori-teori mutakhir ini jarang dikenal atau hanya sedikit diketahui orang. Akibatnya, teori sastra Indonesia sering dirasakan ketinggalan jaman.

Karangan-karangan Teeuw dalam buku Membaca dan Menilai Sastra justru memperkenalkan teori sastra mutakhir itu kepada pembaca Indonesia. Antara lain diperkenalkan teori Roland Barthes dan Michael Riffaterre (Prancis), Hans Robert Jausz (Jerman Barat), Jurij M. Lotman (Rusia), Jan Mukarovsky dan Felix Vodicka (Cekoslowakia), dan lain-lain. Selain itu, Teeuw juga mengingatkan betapa pentingnya studi sastra lama digiatkan, sebagaimana tercermin dalam karangannya mengenai: bahasa dan sastra Jawa Kuno, Hikayat Hang Tuah, dan Multatuli.

Buku Membaca dan Menilai Sastra wajib dibawa oleh para mahasiswa dan dosen perguruan tinggi yang berkecimpung di bidang sastra, baik sastra modern maupun sastra lama. Bagi peminat sastra, buku ini pun dapat memperluas wawasan dan menambah pengetahuan.
Judul Seri -
No. Panggil 809 TEE m
Penerbit Gramedia : Jakarta.,
Deskripsi Fisik viii + 141 hlm.; 20,5 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN -
Klasifikasi 809
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan ke-1
Subyek Sastra
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain