Detail Cantuman

Image of Perjalanan Melampaui Akal : Kebahagiaan Menurut Al-Ghazali dan Thomas Aquinas

Text

Perjalanan Melampaui Akal : Kebahagiaan Menurut Al-Ghazali dan Thomas Aquinas


1033469101158.1 SCH p C-1PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan
1033470102158.1 SCH p C-2PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
1033471103158.1 SCH p C-3PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
1033472104158.1 SCH p C-4PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
Mengapa umat manusia begitu terobsesi pada kebahagiaan? Petunjuk-petunjuk evolusioner memberikan bukti tak terbantahkan bahwa dorongan untuk mencapai kebahagiaan merupakan cerminan yang sangat dekat dari pergulatan panjang umat manusia dalam mengatasai berbagai jenis situasi penderitaan. Sejak periode Yunani kuno hingga sekarang, hampir tidak kita temukan definisi apa pun tentang kebahagiaan yang tidak berangkat dari permenungan mendalam atas kondisi-kondisi tersebut.

Berbeda dengan pengertian modern yang mengontraskan antara kebahagiaan dan ketidakbahagiaan, orang-orang kuno tidak terobsesi dengan hubungan yang antagonistik ini, karena menurut mereka kebahagiaan tidak dicapai melulu lewat “pemenuhan hasrat-hasrat ragawi” melainkan lebih tentang bagaimana “menjalani kehidupan yang baik”. Gejala-gejala perburuan kebahagiaan, meminjam perspektif penulis buku ini, yang dilakukan oleh orang-orang modern melalui aktivitas-aktivitas yang teramati seperti liburan ke tempat yang jauh, menyewa konsultan pribadi, mempertahankan kehormatan dan kemakmuran, bahkan mengonsumsi obat-obatan, dan lain-lain, terjadi karena manusia modern telah kehilangan kontak dengan tradisi-tradisi lama yang merupakan sumber hakiki kebahagiaan.

Dengan memilih dua tokoh besar dalam sejarah keagamaan masing-masing, al-Ghazali dan Thomas Aquinas, penulis mengajak kita melakukan tamasya intelektual-religius untuk menikmati panorama kebijaksanaan yang telah dibentangkan oleh kedua tokoh itu.
Judul Seri -
No. Panggil 158.1 SCH p
Penerbit BASABASI : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik 88 hlm.; 20 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN -
Klasifikasi 158.1
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan ke-1
Subyek -
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain