Detail Cantuman

Image of Nasionalisme dan Egalitarianisme di Indonesia, 1908 - 1980 : Menelaah Masalah-masalah Diskontinuitas dalam Diskursus dan Praktik Politik

Text

Nasionalisme dan Egalitarianisme di Indonesia, 1908 - 1980 : Menelaah Masalah-masalah Diskontinuitas dalam Diskursus dan Praktik Politik


1034600101320.5 PAB n C-1PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan
1034601102320.5 PAB n C-2PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
1034602103320.5 PAB n C-3PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
1034603104320.5 PAB n C-4PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
Nasionalisme dan Egalitarianisme di Indonesia, 1908–1980 merupakan suatu telaah politik dengan pendekatan diskursif-historis dalam bidang-bidang ideologi, ekonomi, kebudayaan, dan pandangan dunia (world views) dengan penghormatan pada disiplin sejarah. Dari Bab I hingga Bab XII, raison d’etre penulisannya bertolak dari apa yang diutarakan secara menggugah oleh Soedjatmoko: “Kesadaran sejarah membimbing [kita] kepada pengertian mengenai diri sendiri sebagai bangsa, kepada self-understanding of [our] nation, kepada sangkan paran [bangsa kita], kepada persoalan what we are, why we are, who we are” dan bahwa “Kemampuan kreatif Indonesia tidak bisa dipertahankan momentumnya, tanpa kita memperdalam kesadaran mengenai diri kita secara historis dan bukan secara mitologis.”

Kerangka teoretis yang digunakan dalam buku ini berusaha menangkap kontur sejarah, ekonomi, kultur, dan kandungan politik Nusantara/Indonesia secara jelas, imbang, dan utuh. Ia menggabungkan pendekatan Marxian (dalam arti determinasi ekonomi), pendekatan Weberian (dalam arti determinasi sistem nilai), dan pendekatan Foucauldian (dalam arti praktik-praktik wacana). Melandasi ketiganya, sebagaimana telah disinggung, adalah pengindahan atas studi-studi sejarah, terutama dalam tangkapan sinkronik, yang relevan dengan pokok pembicaraan, demi mengukuhkan ketiga pendekatan sebelumnya. Sebab penulis percaya bahwa betikan-betikan sejarah (historical instances) adalah daging dan sumsum dari tiap analisis ilmu-ilmu sosial.

Empasis pada sejarah dalam hitungan sinkronik berkaitan erat dengan tujuan utama studi ini, yaitu untuk lebih kuat menangkap dua hal sentral. Pertama adalah substansi karakter nasionalisme dan egalitarianisme yang tumbuh di sepanjang kurun telaah. Kedua adalah masalah-masalah diskontinuitas dalam rangkaian wacana dan praktik-praktik politik dalam kaitan dengan perkembangan nasionalisme dan egalitarianisme tersebut. Dengan demikian perhatian ditujukan tidak terutama pada kronologi peristiwa maupun pada pengutamaan aliran-aliran budaya dan ekonomi tertentu, melainkan pada lapis-lapis sinkronik dari dialektika politik, dan emansipasi rangkaian akal budi politik di dalamnya, berkat transformasi-transformasi historis di ranah politik, sosial, ekonomi, dan kebudayaan pada masyarakat Nusantara/Indonesia.

Buku ini disusun berdasar disertasi Mochtar Pabottingi yang lulus sebagai doktor dari Jurusan Ilmu Politik University of Hawaii di Manoa, Honolulu, Hawaii, AS, dengan predikat magna cum laude. Mochtar Pabottingi menambahkan update terkait sejumlah isu hingga beberapa waktu menjelang wafatnya intelektual publik ini pada 4 Juni 2023.
Judul Seri -
No. Panggil 320.5 PAB n
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia : Jakarta.,
Deskripsi Fisik xiii + 584 hlm.; 24 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 978-623-321-229-8
Klasifikasi 320.5
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan ke-1
Subyek Naisonalisme - Politik
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain