Detail Cantuman

Image of Teori & Metode Pelestarian Arsitektur & Lingkungan Binaan

Text

Teori & Metode Pelestarian Arsitektur & Lingkungan Binaan


1034656101720.46 ANT i C-1PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan
Indonesia memiliki tradisi membangun dan vokabuler arsitektur yang khas. Kekayaan tersebut dapat diamati pada kualitas bangunan dan lingkungan bersejarah, baik berupa peninggalan budaya lokal, budaya Barat ataupun hasil perpaduan keduanya. Namun demikian, kekayaan tersebut terancam oleh derap modernisasi, dan diperkirakan akan hilang jika tidak ada langkah antisipasi.

Pelestarian merupakan bagian penting yang bertujuan untuk melindungi bangunan-bangunan peninggalan arsitektur masa lalu. Arsitektur masa lalu mempunyai karakter visual, spasial dan strukturalnya yang melekat pada bangunan di samping nilai sejarahnya.

Buku yang bertema tentang pelestarian terhadap karya arsitektur dan lingkungan ini hadir pada saat tepat, yakni di tengah langkanya literatur tentang konservasi arsitektur saat ini. Buku ini memberikan pemahaman tentang korelasi berbagai fenomena sosial masa kini dengan ranah kearsitekturan nusantara.

Kajian lingkungan binaan dilakukan untuk melihat seberapa penting bangunan-bangunan itu mempunyai nilai-nilai arsitektural dan sejarah. Perjalanan ini kemudian menjadikan pertimbangan, bahwa ada nilai kepentingan yang tak tergantikan bagi generasi masa datang. Salah satu jalan yang harus dilakukan adalah melestarikan tinggalan-tinggalan tersebut. karena merupakan warisan-warisan sejarah yang harus dilindungi. Ikatan dari kesinambungan masa lalu dapat terpenuhi bila bangunan-bangunan kuno atau lama dalam kawasan tersebut dapat dipertahankan.

Semoga buku ini menjadi rangsangan munculnya buku-buku lain sehingga menambah literatur tentang arsitektur, pengembangan wilayah, serta pelestarian terhadap karya-karya arsitektur yang memiliki nilai historis di dalamnya. Sangat dianjurkan untuk menjadi pegangan bagi praktisi, dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum.
Judul Seri -
No. Panggil 720.46 ANT i
Penerbit Cahaya Atma Pustaka : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik ix + 223 hlm.; ils.; 23 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 978-602-7821-75-0
Klasifikasi 720.46
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan ke-5
Subyek Bangunan Bersejarah - Pelestarian
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain