Detail Cantuman

Image of Pastoral Konseling dan Kesehatan Mental

Text

Pastoral Konseling dan Kesehatan Mental


1035269101253.5 SIS p C-1PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan
1035270102253.5 SIS p C-2PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
Buku ini merupakan usaha bersama untuk membuka jalan bagi terintegrasinya pendampingan pastoral dengan kesehatan mental. Mengikuti filosofi Barat yang bersifat dualisme dan reduksionistik, ilmu-ilmu dari Barat termasuk pendampingan pastoral yang bersifat spiritual dan kesehatan mental yang dikelompokkan ke dalam ilmu sekuler, selama ini dipelajari secara terpisah pada fakultas yang terpisah. Akibatnya, banyak terjadi kesalahpahaman dalam memahami keduanya ketika dikaitkan dengan manusia dan perilakunya sebagai objek kajiannya. Buku ini mencoba mendekatkan tema-tema yang berkaitan dengan pendampingan pastoral dan kesehatan mental yang sering dialami dalam jemaat, sehingga pembaca diperkaya dengan wawasan yang lebih mendalam sekaligus meluas. Bahasan dalam buku ini:

• Dasar alkitabiah pendampingan pastoral yang menjadi perintah Yesus kepada murid murid-Nya. Dijelaskan juga fungsi pastoral sebagai penyembuhan, penopangan, pembimbingan, dan pendamaian beserta contoh-contoh ekspresinya dalam sejarah dan konseling kontemporer.

• Pastoral konseling yang memiliki keunikan dalam bidang pastoral maupun ilmu konseling secara umum.

Apa dan bagaimana mestinya konseling Kristen.

• Sejarah pastoral gereja yang berubah dari masa ke masa; munculnya pendidikan pastoral klinis sebagai dampak dari tumbuhnya kesadaran akan pentingnya sains dalam dunia pastoral.

• Dampak krisis sosial terhadap kesehatan mental dan rohani pada pribadi dan masyarakat.

• Sejarah kesehatan mental dan dialektikanya dengan gereja. • Membedakan individu yang bergangguan dengan individu yang pada dasarnya sehat mentalnya.

• Tanda-tanda gangguan mental dan berbagai macam gangguan mental yang sering terjadi di kalangan jemaat.

• Kerasukan dan penanganannya; jenis-jenis kerasukan, baik yang belum dianggap sebagai gangguan maupun yang dianggap sebagai gangguan; menangani kesurupan yang bersifat personal dengan kerasukan massal.
Judul Seri -
No. Panggil 253.5 SIS p
Penerbit PBMR Andi : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik xviii + 222 hlm.; 21 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 978-623-314-412-1
Klasifikasi 253.5
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan ke-1
Subyek Pastoral Konseling
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain