Detail Cantuman

Image of Prisma : Jurnal Pemikiran Sosial Ekonomi : Islam dalam Perubahan Global : Merentang atau Mengikuti Arus? Volume 41 Nomor 3 Tahun 2022

Text

Prisma : Jurnal Pemikiran Sosial Ekonomi : Islam dalam Perubahan Global : Merentang atau Mengikuti Arus? Volume 41 Nomor 3 Tahun 2022


2035974101PRISMA VOL.41/No.3 2022 C-1PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan
2035975102PRISMA VOL.41/No.3 2022 C-2PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan
Zaman sudah banyak berubah sejak dunia memasuki abad ke-21, tetapi pemikiran sosial politik Islam, termasuk di Indonesia, tampak masih sulit menanggapi berbagai tantangan fundamental yang dibawanya. Padahal, umat Islam, sebagaimana penduduk bumi lainnya, dihadapkan pada berbagai persoalan genting yang sebagian merupakan warisan masa sebelumnya, tetapi perlu segera ditangani dengan imajinasi dan stok pemikiran baru sambil belajar dari pengalaman lama.

Persoalan utamanya memang masih berkisar pada hal-hal seperti ketidakadilan sosial, ekonomi, dan politik yang sistemik-yang membebani sebagian besar umat Islam karena nyatanya banyak yang tergolong "kaum terpinggirkan." Akan tetapi, persoalan tersebut menjadi semakin serius bila digabungkan dengan dampak berbagai krisis global, dari pandemi Covid-19 hingga perubahan iklim, yang kian mengancam kehidupan manusia dewasa ini. Sebagaimana setiap krisis, selalu rakyat biasa-terutama kaum miskin atau tersisihkan-yang akan menanggung beban penderitaan secara tidak proporsional.

Karena itu, diperlukan perhatian khusus terhadap berbagai jenis ketidakadilan sistematik yang terus-menerus mencederai kepentingan bagian terbesar umat Islam di belahan bumi mana saja meskipun pertumbuhan kelas menengah Islam di Indonesia atau Malaysia, lengkap dengan pola konsumsi mahal mereka, kian dibicarakan dalam makalah akademik. Keperluan tersebut pun masih nyata, meski kehadiran kelas jetsetter berbusana "Islami" dari negeri-negeri Teluk Persia (Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Saudi Arabia) sudah menjadi pemandangan umum di kota-kota seperti Paris atau London.
Judul Seri -
No. Panggil PRISMA VOL.41/No.3 2022
Penerbit LP3ES : Jakarta.,
Deskripsi Fisik 134 hlm.; 25 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 0301-6269
Klasifikasi NONE
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan ke-1
Subyek -
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain