Detail Cantuman

Image of Algoritma & Pemrograman : Implementasi dengan Python pada Google Colab

Text

Algoritma & Pemrograman : Implementasi dengan Python pada Google Colab


1036658101005.133 FAL a C-1PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan
1036659102005.133 FAL a C-2PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
1036660103005.133 FAL a C-3PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
1036661104005.133 FAL a C-4PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
Algoritma dan pemrograman merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa pada program studi rumpun informatika. Namun, seringkali mata kuliah ini dipandang sebagai mata kuliah yang sulit dipahami dan sering dianggap sebagai salah satu mata kuliah yang 'menakutkan'. Seiring dengan perjalanan waktu, peminat materi algoritma dan pemrograman tidak hanya terbatas pada mahasiswa program studi rumpun Informatika saja, tetapi meluas pada berbagai bidang studi lainnya, bahkan untuk umum. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk menyusun suatu panduan praktis belajar algoritma dan pemrograman yang bersifat mudah dipahami serta tidak terlalu kompleks seperti pada buku buku algoritma dan pemrograman lainnya.

Buku ini disusun sebagai pedoman praktis untuk belajar algoritma bagi siapa saja yang berminat tanpa perlu latar pengetahuan khusus seperti matematika atau pemahaman tentang bahasa pemrograman tertentu. Ruang lingkup materi algoritma meliputi pengertian algoritma, pemrograman, variabel dan operasi aritmatika dasar, struktur kendali dasar seperti sekuensial, seleksi, dan iterasi, pengenalan struktur data array dan record, prosedur dan fungsi, pengelolaan file serta penggunaan database sederhana.

Agar memudahkan pembaca memahami algoritma, semua contoh algoritma dilengkapi dengan implementasi menggunakan bahasa pemrograman Python, yang berjalan pada Google Colab . Pemilihan bahasa pemrograman Python didasari oleh fakta bahwa Pyhon merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, dan Sangat populer digunakan untuk berbagai kebutuhan. Lingkungan eksekusi pada Google Colab dipilih agar pengguna dapat langsung mencoba kode program tanpa harus direpotkan dengan proses instalasi software pendukung. Pemilihan layanan komputasi awan seperti Jupyter Notebook yang berjalan pada Google Colab, Text Editor, CSV Editor, dan database PostgreSQL yang dijalankan pada situs neon.tech, memudahkan pengguna untuk menjalankan program dari mana saja selama tersedia koneksi internet.

Buku ini terbit sebagai pengantar praktis dan pemberi motivasi bagi siapa saja yang ingin belajar algoritma dan pemrograman sehingga guna menghindari kompleksitas, beberapa materi spesifik pemrograman untuk bidang ilmu komputer tidak disertakan.
Judul Seri -
No. Panggil 005.133 FAL a
Penerbit Remaja Rosdakarya : Bandung.,
Deskripsi Fisik xiv + 273 hlm.: ils.; 25 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 978-602-446-683-1
Klasifikasi 005.133
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan ke-1
Subyek Programming/ Pemrograman
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain