Detail Cantuman

Image of Gereja Protestan di Keresidenan Timor 1613-1901

Text

Gereja Protestan di Keresidenan Timor 1613-1901


Tidak ada salinan data
Dalam konteks bergereja, sejarah juga menjadi hal yang penting. Pasalnya, melalui penelusuran sejarah yang benar maka gereja pada masa kini dan akan datang dapat memahami masa lalu dan memakai pengetahuan tersebut untuk penatalayanannya. Dari sudut pandang teologis, mempelajari sejarah gereja sama artinya dengan mempelajari bagaimana Allah berkarya dalam dunia serta bagaimana dunia (gereja) merespons karya Allah tersebut.

Di Keresidenan Timor, usia gereja Protestan sudah cukup tua. Jika dihitung sejak kapan ia pertama kali diperkenalkan oleh orang-orang Belanda maka usia Gereja Protestan di Keresidenan Timor pada tahun ini (2024) sudah mencapai 411 tahun. Sayangnya, terlepas dari usianya yang sudah cukup tua, kajian mengenai sejarah gereja Protestan di Keresidenan Timor sendiri masih cukup terbatas, terutama pada tahun-tahun 1600-an hingga 1800-an.

Buku ini hadir untuk memperkaya literatur terkait sejarah gereja Protestan di Keresidenan Timor. Buku yang lahir dari hasil pergumulan kurang lebih selama empat tahun ini mencoba memperlihatkan sejarah gereja Protestan di Keresidenan Timor secara lengkap. Karenanya, informasi-informasi yang terdapat dalam buku ini tidak hanya merupakan suatu uraian kronologis dari perjalanan gereja, tetapi juga informasi-informasi lain terkait dinamika pelayanan lainnya seperti model pelayanan, model liturgi, pelayanan pendidikan, keterlibatan orang lokal dalam pekerjaan pekabaran Injil (laki-laki dan perempuan), relasi gereja dengan kebudayaan lokal, dan relasi gereja dengan pemerintah.
Judul Seri -
No. Panggil 284.598686 JAC g
Penerbit BPK Gunung Mulia : Jakarta.,
Deskripsi Fisik xxx + 346 hlm.; 21 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 978-623-415-229-6
Klasifikasi 284.598686
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan ke-1
Subyek Gereja Masehi Injil Timor (GMIT) (1613-1901)
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain