Detail Cantuman

Image of Neoliberalisme

Text

Neoliberalisme


1005476101320.5 NEO nPERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
Buku ini sangat membantu sekali menjawab dua pertanyaan saya:
1) asal muasal neoliberalisme, dan idelogi apa yg mendahuluinnya, kenapa dunia akhirnya berganti menggunakan neolib?
2) bagaimana bisa sampai ke Indonesia dan bagaimana realitanya sekarang ini?

Pembahasan dimulai dengan awal mula Ideologi Neoliberalisme yang berasal dari ekonom Inggris, yang sekarang ini idelogi ini sudah sampai ke Indonesia di masa orde baru. Neolib didahului dengan prinsip liberalisme ekonomi klasik kemudian berpindah ke keynesian dan akhirnya muncul neoliberal.

Neolib berakar dari ajaran bapak Ekonom paling terkenal Adam Smith yakni Liberalisme dimana ekonomi bergantung pada kekuatan pasar.

Pasca perang dunia yang menguras keuangan negara negara-negara sekutu salah satunya Inggris, Keynesian (ekonom Inggris) mengusulkan Keynesian yang mengusung besarnya peran pemerintah dalam mengurangi pengangguran akibat krisis ekonomi pasca perang dunia. Paham ini lebih dikenal dengan paham kiri (peran negara lebih besar)

Akantetapi dengan meningkatnya inflansi dan masalah yang dianggap oleh beberapa kalangan belum kunjung selesai, diusulkan ideologi yang berprinsip sebaliknya, yakni menggurangi peran negara dan menjadikan pasar sebagai pengatur utama ---> liberal. Prinsip ini terkenal dengan hasil doktrin dari ekonom kepercayaan Presiden Amerika saat itu yakni Friedman dan Hayek yakni Neoliberalisme.

Dianggap dapat menyelesaikan krisis ekonomi dan memperkuat perusahaan raksasa ke penjuru dunia melalui globalisasi. Kondisi di negara tujuan (negara berkembang) pun disesuaikan, alhasil idealisme neolib pun sampai ke Indonesia hingga sekarang.
Judul Seri -
No. Panggil 320.5 NEO n
Penerbit Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik viii + 370 hlm.; 21 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 9793087102
Klasifikasi 320.5
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi -
Subyek -
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain