Detail Cantuman

Image of Pengakuan Hak Atas Sumberdaya Alam: Kontur Geografi Lingkungan Politik

Text

Pengakuan Hak Atas Sumberdaya Alam: Kontur Geografi Lingkungan Politik


1010452101363.7 DIE p C-1PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan
1010453102363.7 DIE pPERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
Persengketaan hak atas pemilikan, dan pengelolaan lingkungan alam memang bukanlah gejala baru. Pertanyaan pentingnya adalah: apakah gerakan lingkungan harus berurusan dengan persoalan-persoalan politik ekonomi global maupun lokal dan mentransformasikan dirinya menjadi gerakan politik?

Buku ini menyajikan kerangka dasar ideologi dan teoretis yang memungkinkan gerakan lingkungan memasuki gelanggang politik. Berbicara masalah lingkungan untuk rakyat, tidak bisa lepas dari persoalan bagaiamana proses pengambilan keputusan yang menyangkut keberlangsungan kehidupan rakyat diambil, oleh siapa dan dalam rangka apa, siapa yang untung dan siapa buntung? Sampai pada aras ini, gerakan lingkungan mau tidak mau menjadi gerakan politik.

Penerbitan cetakan kedua buku ini dengan tulisan kasus indonesia yang lebih lengkap, merupakan upaya untuk membantu para aktivis gerakan lingkungan merenungkan visi dan misi gerakan selama ini, juga untuk menjembatani dialog kritis antara mereka yang menganut faham gerakan ‘murni lingkungan’ dan yang menganut faham ‘ adanya saling berkaitan antara lingkungan dengan politik dan politik ekonomi’.
Judul Seri -
No. Panggil 363.7 DIE p
Penerbit Insist Press : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik xx + 181 hlm.; 21 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 979-9075-62-9
Klasifikasi 363.7
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan Ke-1
Subyek Sumber Daya Alam
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain