Detail Cantuman

Image of Prejudice: Menangani

Text

Prejudice: Menangani "Prasangka" Dari Perspektif Psikologi Sosial


1010984101303.385 BRO pPERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan
Prasangka seringkali didefinisikan sebagai pernilaian negatif yang salah atau tak berdasar mengenai anggota suatu kelompok. Tetapi, definisi semacam itu menimbulkan kesulitan konseptual karena adanya masalah pemastian apakah pernilaian sosial itu memang salah atau sekadar menyimpang dari kenyataan. Sebagai gantinya, di sini prasangka didefinisikan semata-mata sebagai sikap, emosi, atau perilaku negatif terhadap anggota suatu kelompok karena keanggotannya di kelompok itu.
Karena prasangka melibatkan pernilaian oleh kelompok terhadap kelompok lain (judgement by groups of other groups) dan dapat dipengaruhi oleh hubungan objektif di antara kelompok-kelompok itu, maka prasangka sudah sepantasnya dianggap sebagai sebuah fenomenon yang berasal dari proses-proses kelompok. Tetapi, perspektif semacam itu bukan tidak kompatibel dengan analisis psikologi sosial yang terutama mencermati persepsi, evaluasi, dan tindakan individual. Analisis ini melihat individu yang bertindak sebagai anggota kelompok, sebagai bagian dari sebuah pola dinamika kelompok yang koheren.
Analisis psikologi sosial hanya salah satu dari sejumlah perspektif sosial yang valid mengenai prasangka. meskipun memiliki potensi untuk memberikan kontribusi yang signifikan pada dissection (pembedahan) maupun dissolution (penguraian) prasangka, psikologi sosial hanya dapat menjelaskan sebagian – dan mungkin bahkan hanya sebagian kecil – dari fenomenon ini secara keseluruhan. Masing-masing disiplin ilmu bisa bermanfaat untuk menjelaskan tentang masalah penelitiannya masing-masing, secara independen dari disiplin ilmu yang lainnya. Yang pasti, meskipun analisis tersebut mungkin saling bertentangan, tetapi bagaimanapun juga tetap harus kompatibel satu sama lain.
Judul Seri -
No. Panggil 303.385 BRO p
Penerbit Pustaka Pelajar : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik xxiv + 502 hlm.; 21 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 979-3721-83-9
Klasifikasi 303.385
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan Ke-1
Subyek Prejudies
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain