Detail Cantuman

Image of Islam Ala Soekarno: Jejak Langkah Pemikiran Islam Liberal Indonesia

Text

Islam Ala Soekarno: Jejak Langkah Pemikiran Islam Liberal Indonesia


1018227201923.2 FAL iPERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
Kritik Soekarno pada konsep “Islam Sontoloyo” jelas-jelas menempatkan ia dalam kubu pembaharuan Islam. Dengan itu, sesungguhnya ia tidak sedang memburuk-burukkan agamanya, namun berusaha mengembalikan agamanya pada esensinya yang revolusioner dan visioner.

Pribadi dan pemikiran Soekarno selalu menarik untuk dijadikan kajian. Tidak saja sebagai seorang pemimpin yang bisa mengantarkan bangsanya menuju kemerdekaan, tetapi juga sebagai penganut agama yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Prestasi Soekarno tak terhitung banyaknya, baik di lapangan politik maupun intelektual. Gelar Waliyy al-Amri Dharurri bi al-Syaukah didapat Soekarno dari konferensi Ulama melalui sepak terjangnya di gelanggang politik. Sedang di lapangan intelektual, berbagai gelar Doktor Honorees Cause (HC) di dapatmya dari berbagai Universitas dalam negeri maupun luar negeri. Salah satunya adalah gelar Doktor bidang ilmu tauhid dari Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Buku ini mencoba membuka selubung yang menutup realitas pergolakan pemikiran Islam di Indonesia dan bagaimana hal itu berpengaruh pada pembangunan dasar nasionalisme Indonesia. Bila pada titik tertentu perkembangan pemikiran nasionalisme dan Islam modern berbeda jalan, itu tidak dengan sendirinya menghapus dasar-dasar pergolakan pemikiran keduanya. Di dalam pemikiran Islam Modern, gagasan bahwa nasionalisme merupakan ashabiyah semakin tidak punya tempat. Demikian juga, dalam jantung pemikiran nasionalisme berbagai filsafat keagamaan menjadi dasar bagi tumbuhnya masyarakat Indonesia yang berketuhanan. Dan semua itu, tentu tidak lepas dari jasa besar seorang Soekarno.
Judul Seri -
No. Panggil 923.2 FAL i
Penerbit Kreasi Wacana : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik xviii + 164 hlm.; 20,5 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 979-3460-08-3
Klasifikasi 923.2
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan ke-1
Subyek -
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain