Detail Cantuman

Image of Pembaruan Tanpa Membongkar Tradisi: Wacana Keagamaan Di Kalangan Generasi Muda NU Masa Kepemimpinan Gus Dur

Text

Pembaruan Tanpa Membongkar Tradisi: Wacana Keagamaan Di Kalangan Generasi Muda NU Masa Kepemimpinan Gus Dur


1018738101297 EFF pPERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
Buku ini terutama menyoroti perubahan besar yang terjadi di lingkungan Nahdlatul Ulama sejak kembali ke Khittah 1926. Hal ini diawali oleh keterpilihan Gus Dur sebagai Ketua Tanfidziah NU. Ia memberi inspirasi pada kiai-kiai muda NU untuk terlibat dalam wacana keagamaan secara kritis. Lebih dari itu, Gus Dur menjadi benteng bagi pemikiran-pemikiran kritis di kalangan generasi muda NU dari serangan generasi tua.

Berbagai isu kritis dan kontroversial diungkapkan dalam buku ini yang memperlihatkan pergulatan pemikiran di kalangan NU. fenomena ini membawa dampak besar dalam kehidupan umat Islam Indonesia. Pemilihan kelompok tradisional dan modernis yang biasanya dinisbahkan kepada NU dan Muhammadiyyah menjadi tidak relevan lagi.

berkenaan dengan Gus Dur sendiri, buku ini menjelaskan bahwa dia telah berusaha menerjemahkan dalam persepektif yang lebih luas dan kontekstual apa yang menjadi pegangan NU selama ini, Ahlus-Sunnah wal-jama'ah, tanpa menimbulkan kehebohan. dan tantangan selanjutnya bagaimana guenerasi muda Nu meneruskan budaya berpikir kritis tetapi tanpa membongkar tradisi orang-orang tua.
Judul Seri -
No. Panggil 297 EFF p
Penerbit Penerbit Buku Kompas : Jakarta.,
Deskripsi Fisik xxvi + 330 hlm.; 21 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 978-979-709-47-7
Klasifikasi 297
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan ke-1
Subyek -
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain