Detail Cantuman

Image of Sehat Itu Hak: Panduan Advokasi Kebijakan Kesehatan

Text

Sehat Itu Hak: Panduan Advokasi Kebijakan Kesehatan


1020829101613 SEH sPERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
1026320102613 SEH s C-2PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
1026321103613 SEH s C-3PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
Pelayaan kesehatan dasar sebagai bagian dari hak azasi manusia dan hak dasar warga negara_sehingga merupakan kewajiban negara yang tak dapat ditawar-tawar lagi_sudah menjadi keputusan politik dan hukum internasional, juga amanah konsultasi nasional.

Advokasi dibutuhkan untuk menjamin apakah pemerintah memang benar-benar telah melaksanakan kewajibannya tersebut? Jika selama ini belum, mengapa? Lalai? Korupsi? Salah-urus? Keliru cara-pandang? Sekadar kesalahan teknis, ataukah paradigmatis? Buku ini adalah panduan praktis untuk melakukan advokasi kebijakan pemerintah di sektor kesehatan masyarakat, ditulis berdasarkan dan dengan contoh-contoh pengalaman praktis selama beberapa tahun terakhir.

****

“Kerja advokasi kesehatan adalah suatu proses yang tak pernah berhenti berkembang, terutama di era desentralisasi dan demokratisasi di mana proses pengambilan keputusan lebih melibatkan masyarakat. Dari pengalaman melakukan beberapa upaya advokasi kesehatan, masih terasa kurangnya materi yang dapat digunakan sebagai referensi sekaligus untuk mengembangkan kapasitas para pelaku advokasi. Maka, buku ini sebagai sebuah catatan dari pengalaman kerja advokasi, kami harapkan dapat menjadi salah satu instrumen pelengkap kerja advokasi kesehatan yang dilakukan oleh rekan-rekan dari berbagai kalangan, baik LSM, organisasi massa, asosiasi profesi, dan lain-lain.

Gagasan dan materi dalam buku ini disumbangkan oleh rekan-rekan dari beragam profesi dan keahlian, mulai dari para akademisi, fasilitator sampai pelaku advokasi, hingga diharapkan dapat mencakup semua aspek yang perlu dibahas dalam menjalankan advokasi. Selain itu, menyadari kebutuhan bahwa suatu referensi harus mudah dimengerti serta diserap, maka buku ini disusun dengan struktur dan bahasa yang lugas. Uraian langkah demi langkah dalam setiap tahapan proses advokasi diharapkan akan mempermudah pemahaman pembacanya, bahkan bila diperlukan dapat menjadi panduan praktis dalam perencanaan dan pelaksanaan kerja. Sekali lagi, menyadari bahwa kerja advokasi adalah suatu proses yang terus berkembang, maka inisiatif pembuatan buku ini bukanlah upaya untuk membuat sebuah standar tertentu, tapi semata-mata merupakan keinginan berbagi pengalaman untuk memperkaya proses tersebut.” Firman Lubis, Ketua Dewan Eksekutif Koalisi untuk Indonesia Sehat (KuIS).
Judul Seri -
No. Panggil 613 SEH s
Penerbit INSIST : Jakarta.,
Deskripsi Fisik xviii + 218 hlm.; 24,5 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 979-3457-41-4
Klasifikasi 613
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan ke-2
Subyek Kesehatan
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain