Detail Cantuman

Image of Roman Pergaoelan

Text

Roman Pergaoelan


1021094101809 SUD r C-1PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
1021095102809 SUD r C-2PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
“Kajian Sudarmoko tentang Roman Pergaoelan yang dianggap sebagai roman picisan saya anggap berani. Koko berani menantang arus pemikiran yang menguasai dunia sastra kita”. Umar Junus

Di tengah arus deras pembicaraan sastra Indonesia yang lebih menumpukan diri pada tonggak-tonggak sastra yang dibangun oleh pandangan dan pengaruh kanonisasi dalam kajian dan kritik sastraIndonesia, buku ini berusaha untuk memberikan fenomena lain sejarah sastra Indonesia yang selalu dipandang remeh. Selama ini, ada kelompok karya-karya yang terlupakan akibat diremehkan sebagai roman picisan. Pengelompokan ini menyebabkan orang segan membacanya, apalagi menilainya.

Roman Pergaoelan yang menjadi lokus pembicaraan dalam buku ini setidaknya dapat memberikan kontribusi untuk membuka pembicaraan yang lebih luas dalam sejarah kesusastraan Indonesia dan keberadaan penerbit karya sastra di daerah. Di antara pengarang yang telah menulis karya sastra dan menerbitkannya dalam seri Roman Pergaoelan tidak dikenal selama ini dalam sejarah sastra Indonesia. Hal ini dapat diindikasikan sebagai kelemahan penelitian sejarah sastra Indonesia secara umum yang perhatiannya masih terbatas pada karya yang dianggap besar, dengan tema besar, dan narasi besar yang masih menjadi standar dan patron penelitian sastra.
Judul Seri -
No. Panggil 809 SUD r
Penerbit INSISTPress : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik xvii + 189 hlm.; 21 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN 979-3457-92-9
Klasifikasi 809
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan ke-1
Subyek Roman Picisan
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain