Detail Cantuman

Image of Nyanyian Hidup (The Song Of Life)

Text

Nyanyian Hidup (The Song Of Life)


1028841101821 KRI n C-1PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
1028842102821 KRI n C-2PERPUSTAKAAN KAMPUS 1Tersedia
Tentu saja setiap orang bisa menulis puisi. Yang membedakan seorang penyair dengan yang lain adalah penyair menulis puisi lebih banyak (sebuah kata menarik di dunia dagang), lebih intens, dan, ia lebih dikenal sebagai penyair. Sebuah pembedaan yang sederhana. Namun apakah kita perlu membuatnya jadi rumit, toh kata dan makna adalah anugerah bagi setiap orang.”

“Tentu saja setiap orang bisa menulis puisi. Namun tak setiap penulis puisi, bahkan setiap penyair pun, bisa menyatu dengan puisinya. Benar, ia merangkai kata, memberi makna, menata nuansa dan rasa. Namun belum tentu si penyair bisa menjadi kata itu sendiri.”

“Karena hidup adalah mata air darimana semua puisi mengalir, maka jikalau seseorang menulis puisi tentang hidup, meski ia bukan seorang penyair yang kita kenal, namun secara otentik menyatu dengan puisinya, maka ia menjelma puisi itu sendiri. Hanya ada puisi tanpa si penulis. Maka bilakah aku temui ia, dan bersimpuh di hadapan sosok seorang guru dunia.”

Jiddu Krishnamurti lahir 12 Mei 1895 di Madanapalle, Andhra Pradesh, India. Meninggal 18 Februari 1986, di Ojai, California, di usia 91 tahun. Ia diakui oleh beberapa kalangan sebagai salah satu guru spiritual dunia. Pada usia 14 tahun ia diangkat sebagai anak dan dibawa oleh Annie Bessant dan C.W.Leadbeater (keduanya adalah tokoh teosofi) ke Inggris, dan disiapkan untuk memimpin sebuah organisasi relijius, dan jadi reinkarnasi Buddha.

Alih-alih melanggengkan, JK, begitu ia biasa dipanggil pengikutnya, malah membubarkan organisasi, The Order of the Star in the East, yang dipimpinnya. Itu pada tahun 1922. Salah satu ucapan terkenalnya adalah “Truth is a pathless land and you cannot approach it by any path whatsoever, by any religion, by any sect. Truth, being limitless, unconditioned, unapproachable by any path whatsoever, cannot be organized; nor should any organization be formed to lead or to coerce people along any particular path. My only concern is to set humanity absolutely, unconditionally free. Man cannot come to it through any organization, through any creed, through any dogma, priest or ritual, not through any philosophic knowledge or psychological technique. He has to find it through the understanding of the contents of his own mind, through observation and not through intellectual analysis or introspective dissection.”

Tentu ini bukan tempat yang tepat untuk menulis biografi JK. Tapi menarik untuk membaca sebuah buku kumpulan puisi (jika boleh disebut demikian) yang ditulis oleh seorang tokoh spiritual dunia dengan cukup banyak pengikut.

Adalah biasa bagi seorang pejalan spiritual menulis puisi. Pengalaman spiritual selalu memesona. Tak salah jika banyak puisi spiritual yang menakjubkan, bahkan ajaib. Sebagian pembaca mungkin mengerutkan kening. Atau membelalakkan mata, entah mengerti atau tidak. Namun siapa yang punya hak atas pengalaman spiritual seseorang, selain dirinya sendiri?

Sebaliknya bagi Jiddu Krishnamurti. Puisi-puisinya bukan tentang hal-hal ajaib. Perjalanan spiritual adalah perjalanan hidup. Puisinya adalah tentang hidup yang dilihat secara sederhana, dengan kata-kata sederhana.
Judul Seri -
No. Panggil 821 KRI n
Penerbit Dian Rakyat : Jakarta.,
Deskripsi Fisik 54 hlm.; 20,5 cm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN -
Klasifikasi 821
Tipe Isi -
Tipe Media -
Tipe Pembawa -
Edisi Cetakan ke-2
Subyek -
Info Detil Spesifik -
Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain